Tarbiyah At Tijaniyah


Pembimbing

abah-yunus.jpg

Untuk melengkapi buku sederhana ini, berikut penulis selipkan tambahan informasi singkat mengenai salah satu thariqah Al Auliya’ yang Mu’tabarah (punya sanad yang sambung langsung sampai pada baginda Nabi Muhammad SAW). dan sudah banyak diamalkan oleh ulama’ dan masyarakat Indonesia. Berdasarkan berita terbaru tentang perkembangan thariqah At Tijany di seluruh dunia cukup menggembirakan, karena sudah tersebar di 128 negara. Penulis pilih Thariqah At Tijany ini dengan alasan bahwa : informasi mengenai Thariqah At Tijany ini di masyarakat relative masih minim sekali. Lain halnya mengenai thariqah yang lain seperti ; Qadiriyah (thariqah yang berafiliasi pada Sulthan Al Auliya’ Sayyidi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ra), Naqsabandiyah (dari Syeikh Bahauddin Al Naqsabandi ra) dan Syadziliyah dan lain sebagainya sudah banyak dikenal oleh masyarakat NU dan Ba ‘Alawy di Indonesia.

Pribadi penulis adalah salah satu pengamal dan muqaddam thariqah At Tijany (punya izin mengamalkan dan memberi baiat), dengan sanad / silsilah yang cukup dekat pada Rasulullah SAW. diantara sanad tersebut adalah :

1.Kami menerima baiat / talqin dan taqdim awrad Thariqah At Tijany dari guru kami yang mulya almarhum KH. Badri Masduqi, dari gurunya Sayyid Idris bin Muhammad Al ‘Abid Al Hasani Al Iraqi Al Fasi, dari Gurunya Sayyidi Ahmad Al Sukairij Al ‘Iyasi Al Maghrabi, dari gurunya Sayyidi Ahmad Abdallaawi, dari gurunya Sayyidi ‘Ali Al Tamasini, dari guru besarnya Sayyidul Auliya’ Al Qutbi Al Maktum Ahmad bin Muhammad At Tijany ra. dari manusia terbaik Al Amiin, Sayyidul Anbiya’ wal Mursaliin, Muhammad Rasulullah SAW.*/

*/ Sanad ini menurut Sayyidi Idris bin Muhammad Al ‘Abid Al Iraqi adalah sanad yang sangat barokah dan tinggi nilainya, karena semua nama yang tercantum tersebut diatas adalah para Khalifah Muqaddam yang sangat masyhur ke’aliman, serta keutamaannya.

2.Kami menerima baiat / talqin dan taqdim awrad Thariqah At Tijany dari guru kami yang mulya Al Habib Ja’far bin Ali Baharun, dari gurunya Sayyidi Muhammad Balhasan Al Jakkany , dari Gurunya Sayyidi Al Ahsan Al Ba’qily , dari gurunya Sayyidi Husain Al Ifrany, dari gurunya Sayyidi Muhammad bin Ahmad Al Kansusi, dari gurunya Sayyidi Muhammad Ghali Buthalib dari guru besarnya Sayyidul Auliya’ Al Qutbi Al Maktum Ahmad bin Muhammad At Tijany ra. dari manusia terbaik Al Amiin, Sayyidul Anbiya’ wal Mursaliin, Muhammad Rasulullah SAW. */

*/ Sanad ini menurut penjelasan guru kami Habib Ja’far bin Ali Baharun, adalah sanad yang sangat berkah, utama dan mengagumkan. Karena semua nama yang tercantum (dalam sanad) tersebut, dari Sayyidi Muhammad Balhasan Al Jakkany seterusnya sampai pada Sayyidi Syeikh Ahmad bin Muhammad At Tijany ra. semuanya adalah para wali Quthub, sehingga beliau menyebutnya dengan nama Sanad Quthbani.








%d blogger menyukai ini: